Halaman

Rabu, 05 Desember 2012

Semarak Pemilihan Ketua OSIS Putra dan Putri MTs Miftahul Ulum Bettet Pamekasan

Sistem ketatanegaraan yang sejauh ini menjadi pijakan Seluruh Warga Negara Indonesia dalam hal Pemilihan Ketua/ Pemimpin secara terbuka menjadi pilihan bagi seluruh elemen masyarakat yang sedang mencari seorang pemimpin sebagai Pemeran Utama dalam proses yang ditempuh. Begitu juga yang dilakukan di Lembaga Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang beberapa hari yang lalu menggelar Pemilihan Ketua OSIS Putra dan Putri. 
Dalam Pemilihan yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Siswa (KPUS) putri, dilakukan berbagai tahapan. Tahapan pertama adalah tahapan penyampaian visi dan misi oleh para kandidat Ketua dan Wakil ketua di Hadapan Guru dan Pengelola yang ditunjuk sebagai Penguji. Tes Uji Kelayakan ini berlangsung seru mengingat siswa tidak hanya ditanya visi dan misinya. Mereka (para kandidat) diberikan pertanyaan dan kasus-kasus yang menyangkut permasalahan dalam tubuh OSIS selama setahun berlalu. Problematika dan persoalan yang ada mereka carikan jalan keluar dan penanganannya. Dari sekian banyak sierbuswa yang mendaftar, diambil 6 orang untuk menjadi kandidat tetap untuk kemudian dipilih kembali secara terbuka oleh semua siswa dengan didampingi wakil ketua OSISnya sebagai gandengannya. Jadilah ada 3 pasangan calon (paslon) ketua dan wakil ketua OSIS periode 2012-2013.
Hasilnya, pasangan dengan nomer urut satu saudari Norhasanah menjadi ketua terpilah didampingi wakilnya dengan kemenangan telak selisih kurang lebih 50 suara dari sekitar 500 siswa yang ada.
Pemilihan ketua OSIS juga digelar di OSIS Putra MTs. Miftahul. Sedikit berbeda dengan di putri, Pemilihan yang dilakukan di Putra menggunakan Cara Musyawarah Mufakad. Peserta yang memiliki hak suara pun hanya sebagian siswa saja (tidak semua siswa). Ada perwakilan dari setiap kelas mulai dari kelas 7 hingga kelas 9. Semuanya sekitar 40-an siswa. Kesemua siswa tersebut bermusyawarah dengan menggunakan tata tertib dan tahapan penentuan kriteria sang calon ketua layaknya ketika ada Kongres/ Munas atau Konferensi. Sebelumnya diadakan tahapan penyampaian visi misi serta debat kandidat semua calon di depan siswa MTs.
Dengan 5 calon ketua yang ada, akhirnya Saudara M. Iqbal Febriansyah delegasi dari kelas 8A terpilih sebagai Ketua terpilih OSIS Masa bakti 2012-2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fsdklfjsadlfsdaf

jkfsdlpkfsapkf'aflsdf;l