Halaman

Kamis, 24 Mei 2012

Kompetisi Roket 2012, Fisika Aplikatif

Bettet, Pamekasan. Sekitar ratusan pengunjung, penonton dan suporter 'ngumpul' di halaman sekolah MTs Miftahul Ulum Bettet Pamekasan hari Kamis Kemarin (24/052012). Ya . . . . . .  Kompetisi ROKET 2012 yang di gagas oleh guru-guru bidang Fisika dalam hal ini bapak Moh. Cholid ini mendapat apresiasi luar biasa dari berbagai pihak dan kalangan. 
Sesuai namanya, Kompetisi ROKET 2012, kegiatan ini merupakan salah satu bagian pembelajaran bagi siswa dalam hal mengetahui, mempelajari serta mempraktekkan keilmuannya, lebih-lebih dibidang Fisika dan aplikasinya dalam kehidupan nyata.
Kompetisi ini diikuti oleh perwakilan tiap kelas VIII-A, VIII-B serta VIII-C. tiap kelas terdiri dari dua group roket untuk di lombakan. Dua kelompok dari kelas VIII-B, yaitu B1 dan B2, gagal memaksimalkan laju roket, sehingga mereka harus tersingkir terlebih dahulu di babak penyisihan. Roket yang mereka rancang masih banyak yang perlu diperbaiki, sehingga tidak begitu jauh jaraknya. "Kami masih perlu perbaiki lagi Roket-roket yang kami buat, masih perlu banyak referansi lagi tentang bagaimana menjadikan Roket itu cepat Lajunya". Ujar Bapak Jaka Bachtiar Rachman, selaku wali kelas VIII-B

Sementara di Final, dua kelompok Roket Kelas VIII-A melawan satu kelompok Roket kelas VIII-C. Roket Kelas A, melaju dengan kencang  (sekitar 90 Meter), sedangkan naas untuk kelas C, roket yang ketika pemanasan dan penyisihan paling jauh jaraknya, ternyata ketika final, roket yang mereka luncurkan, hanya bisa diam ditempat. Sehingga dengan Hasil Mutlak, Kelas VIII-A berhasil keluar sebagai juara LOMBA ROKET 2012. "Itulah Kejuaraan, tidak bisa kita tebak secara matematis. Siapa yang menyangka Kelas A akan menang, jika melihat pada masa percobaan di awal lomba, yang ketika itu roket mereka kisaran jaraknya 10 Meter. Sedangkan kelas C, yang pada permulaan kejauhannya hingga 100 Meter lebih, bisa kalah". Tegas Bapak Wali Kelas VIII-A.
Acara tersebut selesai hingga jam 11.00 WIB, diakhiri dengan pemberian hadiah oleh Panitia Pelaksana. Di penghujung acara sempat ada ketegangan antara kelas A dan C, namun bisa di selesaikan setelah mengumpulkan pihak-pihak yang terlibat masalah di dalamnya. (Ari'/RMO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fsdklfjsadlfsdaf

jkfsdlpkfsapkf'aflsdf;l